Tampilkan Hasil Karya Terbaik Kader Bangsa, SMA Plus PGRI Cibinong Gelar Studentday Expo 2024


Cibinong, PezatNews—
Guna menampilkan karya-karya seluruh siswa, SMA Plus PGRI Cibinong menyelenggarakan Studentday Expo 2024 pada Selasa (27/5). Kegiatan ini diikuti oleh seluruh siswa kelas X dan XI, serta rutin diselenggarakan setiap tahunnya.

Untuk diketahui, studentday merupakan salah satu program dari SMA Plus PGRI Cibinong, yang berfungsi sebagai wadah untuk mengembangkan minat, potensi, serta bakat para siswa. Terdapat 22 studentday yang terdiri dari berbagai bidang, mulai dari Studentday Jurnalistik, Modelling, Sekretaris, Cinematografi, Animasi, Web Design, Programing Web dan Desktop, Elektro, Robotika, Tata Rias, Tata Busana, Tata Boga, Seni Tari, Musik Tradisional, Musik Modern, Mandarin, Korea, Broadcast, Arsitektur, Teater, dan Seni Lukis. 

Studentday expo 2024 kali ini mengusung tema “Kader Bangsa Siap Menyongsong Revolusi Industri Menuju Super Smart Society 5.0”. Melalui tema tersebut, diharapkan para kader bangsa mampu menghadapi tantangan yang ada pada era society 5.0, dengan memanfaatkan teknologi yang tengah berkembang saat ini.

“Tema yang kami ambil ini sangat relevan dengan kebutuhan bangsa kita, yaitu mempersiapkan kader bangsa untuk mampu menghadapi tantangan, serta memanfaatkan peluang yang terdapat pada era smart society 5.0,” ujar Ahmad Muhammad, S.kom Selaku Ketua Panitia Studentday Expo 2024 dalam sambutannya.

Lebih lanjut beliau mengungkapkan, bahwa kader bangsa yang siap menyongsong revolusi industri ini adalah mereka yang tidak hanya cerdas secara intelektual, tetapi juga memiliki karakter yang kuat, inovatif, dan adaptif menghadapi perubahan.

Acara berlangsung meriah dengan opening dari para siswa yang memukau. Tarian yang indah, serta alunan musik tradisional yang merdu mengiringi setiap langkah dan gerakan. Atraksi seperti Barongsai khas negeri China juga ikut ditampilkan untuk memeriahkan suasana Expo. Rangkaian opening dilanjut dengan penyambutan unsur pimpinan serta tamu undangan, lalu ditutup dengan pengenalan dari seluruh studentday.

Kepala sekolah SMA plus PGRI Cibinong, Dr, Agus Rohiman, M.Pd mengatakan kegiatan expo besar tahun merupakan salah satu program unggulan di SMA Plus PGRI Cibinong yang bertujuan untuk menampilkan serta mengembangkan minat bakat dari masing-masing siswa. Menurutnya, secara filosofis pendidikan meminta siapapun yang kelak menjadi guru untuk mengoptimalkan kodrat yang dimiliki para peserta didik. Yaitu dengan cara mengembangkan potensi supaya mereka bisa selamat dan mampu berkembang di masyarakat. Sedangkan secara teoritis, lanjutnya seperti yang dikemukakan Howard Gardner dalam teori multiple intelligence, bahwa tidak ada anak yang bodoh. Semua anak cerdas, yang ada adalah anak-anak yang memiliki kecerdasan yang berbeda.

“Semua anak memiliki jenis kecerdasan yang berbeda, dimana semua kecerdasan itu sangat bermanfaat untuk seluruh umat manusia. Oleh karena itu, SMA Plus PGRI Cibinong sebagai sekolah yang sangat adaptif terhadap perubahan zaman, tidak hanya membekali para siswa dengan ilmu-ilmu dasar, tetapi mempersiapkan mereka untuk hidup di masa kini dan di masa depan, salah satunya ialah melalui program studentday,” ujarnya.

Usai mengikuti rangkaian opening, para unsur pimpinan serta tamu undangan menyaksikan pertunjukkan dari beberapa studentday, serta berkeliling mengunjungi seluruh stand.

Di Expo kali ini, beberapa hasil karya ditampilkan dalam bentuk pameran yang menjadi kebanggaan sekolah, serta menjual berbagai produk kewirausahaan. Berada dibelakang tenda penonton, masing-masing studentday memiliki merchandise seperti notebook, stiker, alat tulis cantik dan sejumlah camilan khas dari setiap standnya.

Beragam upaya dilakukan untuk menarik pengunjung, seperti Studentday tata boga menjajakan langganan kreasi olahannya, mulai dari pastry, hingga kuliner khas Nusantara, yang lezat dan sehat. Student Day Sinematografi, juga tak kalah seru, mereka mengadakan pameran foto dan bioskop mini, dengan tiket bundling popcorn. Ada juga Broadcast yang mengadakan game, serta sejumlah stand lainnya yang tak kalah unik dan kreatif. Seru!

Dilain sisi, Koordinator Bidang Penerbitan dan Periklanan, Kementerian Ekonomi Kreatif RI, Tetra Tianiafi, mengaku bangga bisa turut hadir dan menyaksikan bakat para siswa yang ditampilkan di acara Studentday Expo kali ini.

İa mengaku sangat terkesan karena anak-anak saat ini begitu cepat dalam beradaptasi dengan kebutuhan zaman.

“Pesan saya, anak-anak zaman sekarang jangan pernah ragu dan putus asa terhadap apa yang sedang dilakukan. Tantangan kedepan akan semakin banyak, luas dan beragam. Passion kalian di satu bidang tertentu itulah yang akan membawa kalian ke masa depan yang lebih baik,” lanjutnya.

Selain itu, beliau juga berharap perjuangan para siswa di acara ini tidak sampai sini saja, tetapi para siswa dapat mengeksplor berbagai program, serta lomba yang dapat menjadi peluang sehingga bisa membawa mereka ke panggung yang lebih besar. Sehingga produk-produk atau hasil karya dari para siswa tidak hanya dipamerkan dalam lingkup sekolah, tetapi dapat dipamerkan juga diluar sekolah.

“Studentday Expo merupakan sebuah kegiatan yang memacu kreativitas para siswa, yang tidak dapat dilakukan oleh seluruh sekolah. Sehingga tentunya, kegiatan Expo Studentday ini sangat membanggakan,” ujarnya.

Pembina Studentday Sekretaris, Nuri Nurjanah, S.Pd mengungkapkan rasa bangganya, atas segala gagasan atau ide dari para siswa yang sangat kreatif dalam mengemas tema ini melalui penampilan yang menarik, sehingga dapat membuat gebe akan baru di setiap tahunnya.

“Pada expo tahun ini, anak-anak sangat luar biasa. Mereka memiliki kreativitas yang tinggi dan sangat antusias, serta perubahannya sangat terasa dari tahun ke tahun. Mereka juga memiliki ide-ide yang sangat cemerlang, dengan kolaborasi dan management yang bagus. Taun ini Studentday sekretaris menampilkan drama catwalk, dengan atribut khas ke sekretarisan. Semoga kedepan makin meriah terus yaa,” ujarnya.

Disisi lain, siswi SMA Plus PGRI Cibinong juga merasa antusias dalam menyambut acara studentday expo 2024.

“Tadi tentu aku sempat merasa grogi, apalagi ini adalah expo terakhir, jadi aku berusaha banget untuk tetap memberikan penampilan yang terbaik,” ujar Athaira Raissha Tsabita Aryandira, siswi seni tari tradisional.

Hal yang sama juga diungkapkan, Saskia Aulia Azzahra selaku siswa seni Lukis. Ia mengaku sangat terkesan terhadap rangkaian acara Studentday Expo 2024. Menurutnya, Expo ini menjadi ajang untuk memperlihatkan hasil kerja keras selama setahun di bidangnya masing-masing. “Tadi aku terkesan banget sama rangkaian openingnya, apalagi tariannya juga bagus banget, serta penampilan-penampilan dari seluruh studentday juga keren, seru dan kreatif-kreatif banget,” pungkasnya.

(Tim Liputan : Salma/Nafla/Delia/Devinta/Novalisya/Rania/Benayu/Intan/Isnaina/Studentday Jurnalistik)






Komentar

Postingan populer dari blog ini

Dukung Minat dan Bakat Siswa, SMA Plus PGRI Cibinong Gelar Studentday Expo 2023

Kenalkan Beragam Budaya Indonesia, SMA Plus PGRI Cibinong Gelar Pesat Fest dan Lorong Budaya 2023 Ketua PGRI Jabar Dede Amar : Kegiatan Ini Luar Biasa!