Asah Siswa Menjadi Peneliti Muda, SMA Plus PGRI Cibinong Gelar Sidang Karya Tulis Ilmiah


Cibinong, PezatNews – Guna melatih keterampilan siswa dalam menuangkan gagasan dan melakukan penelitian, SMA Plus PGRI Cibinong menggelar Penulisan Karya Tulis Ilmiah (KTI) sebagai syarat kelulusan siswa di kelas XI.


Sidang karya tulis ilmiah dibagi menjadi 2 sesi. Sesi pertama dilaksanakan Kamis (15/12), sedangkan sesi kedua dilaksanakan Jumat (16/12). Peserta sidang sesi pertama berjumlah 318 siswa dengan jumlah ruang sidang sebanyak 21 ruangan.

Ketua Panitia Sidang Karya Tulis Ilmiah, Ai Warni menjelaskan, adapun tujuan dari adanya pelaksanaan pembuatan KTI ini, yaitu melatih siswa dalam menuangkan ide dan gagasannya dalam sebuah tulisan, menjadi sarana pembuktian dalam menghadapi dan memecahkan masalah disekitar siswa. Selain itu, KTI juga menjadi wadah pembuktian pengetahuan, keterampilan, dan potensi yang dimiliki siswa, serta dapat menjadi ajang melatih keterampilan dasar dalam melakukan penelitian, dan sebagai bentuk persembahan sekolah untuk peradaban bangsa.

"Saya berharap dari adanya penugasan pembuatan karya tulis ilmiah ini, siswa menjadi paham bagaimana cara menulis sebuah karya tulis yang baik dan paham bagaimana mencari sumber informasi yang valid, karena hal tersebut akan mereka implementasikan di perguruan tinggi," ujarnya, kemarin.

Salah Satu Penguji Sidang, Fery Yantini menambahkan, dalam pelaksanaannya siswa melakukan presentasi karya tulis ilmiah melalui power point yang ditampilkan pada proyektor, kemudian dilanjutkan dengan sesi tanya jawab serta pemberian masukan dari kedua penguji sidang. “Penguji juga memberikan catatan revisi agar siswa dapat memperbaiki kesalahan dan kekurangan pada karya tulis ilmiah yang dibuatnya,” tuturnya.

Peserta Sidang KTI Kelas XI IPA Unggulan 4, Almaas Nadia, mengaku memperoleh banyak manfaat selama proses pengerjaan karya tulis ilmiah ini. “Saya, banyak belajar mengenai cara penulisan yang baik dan benar yang pasti akan bermanfaat nantinya. Rasanya lega banget setelah selesai sidang. Terbayarkan sudah kerja keras selama penulisan,” curhatnya penuh haru.

Adapun pengumuman hasil sidang diumumkan setelah semua peserta selesai melakukan sidang. Peserta yang tidak lulus akan melaksanakan sidang ulang pada waktu yangtelah ditentukan. Selain itu terdapat pengumuman perserta terbaik yang berjumlah 21 siswa. Sampai jumpa di Sidang KTI tahun depan ya!

(Tim Liputan: Khoirunnisa/Studentday Jurnalistik dan Ryginna Anatta)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Dukung Minat dan Bakat Siswa, SMA Plus PGRI Cibinong Gelar Studentday Expo 2023

Kenalkan Beragam Budaya Indonesia, SMA Plus PGRI Cibinong Gelar Pesat Fest dan Lorong Budaya 2023 Ketua PGRI Jabar Dede Amar : Kegiatan Ini Luar Biasa!

Tampilkan Hasil Karya Terbaik Kader Bangsa, SMA Plus PGRI Cibinong Gelar Studentday Expo 2024