Percaya Saja Tugas dari Guru Pasti Bermanfaat


Kalau memikirkan tentang sekolah pasti akan ikut terpikirkan juga tentang tugas sekolah yg menumpuk. Guru sering kali memberikan muridnya tugas yang pada akhirnya menjadi pekerjaan rumah(PR).

Saking banyaknya, terkadang sebagian murid akan mengerjakan tugas tersebut dengan asal-asalan, katanya sih yang penting cepat selesai dan bisa leha-leha sesudahnya.

Menurut kalian sebenarnya apa sih yang dipikirkan guru saat memberikan muridnya tugas? Salah satu guru saya pernah mengatakan, "tugas-tugas yang saya kasih akan membantu kalian untuk memahami materi. "Saya mencoba memahami perkataan beliau, karena pun sebelumnya saya sempat merasa bahwa tugas hanya sebuah beban bagi muridnya. Yang saya pahami, guru berharap bahwa dari tugas-tugas yang beliau berikan dapat membuat murid lebih dapat memahami materi yang diajarinya. Semakin kita berusaha mengerjakan tugas dengan baik, maka semakin baik juga pemahaman materi yang didapat.

Sayangnya masih banyak sekali murid yang kurang peduli akan hal ini. Mengerjakan tugas dengan asal-asalan, bahkan sering kali juga ditemui murid yang menyalin tugas temannya. Itu artinya harapan dari guru mengenai tugas yang bermanfaat bagi muridnya tidak tercapai. Guru sedih bahwa harapannya tidak tercapai dan murid kelelahan mengerjakan tugas yang dianggapnya percuma.

Hal seperti ini sering kali dijumpai saat guru memberikan muridnya tugas presentasi. Sering kali saat murid presentasi mereka hanya membaca teks presentasi yang sengaja mereka buat panjang, bukan melainkan intinya saja. Mereka tidak paham akan materi yang mereka jelaskan. Padahal guru bermaksud memberikan tugas presentasi agar muridnya dapat memahami materi yang dipresentasikan dan bisa menjelaskan kepada teman- temannya, ini juga bisa jadi tempat untuk melatih kemampuan biacara. Juga sering kali dijumpai guru yang tidak memberikan evaluasi tentang cara presentasi mereka yang salah, sehingga murid masih melakukan kesalahan yang sama saat presentasi di tugas selanjutnya.

Mulai sekarang ayo coba evaluasi diri kalian dalam mengerjakan tugas! Apa yang salah tentang cara kaliam mengerjakan tugas? Apa yang seharusnya tidak dilakukan saat mengerjakan tugas? Kalian juga harus mengetahui manfaat dari tugas yang akan kalian kerjakan agar kalian lebih bersemangat dalam mengerjakan tugas. Akhir kata "ayo cari semangat kalian!" (Khoirunnisa Hasanah)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Dukung Minat dan Bakat Siswa, SMA Plus PGRI Cibinong Gelar Studentday Expo 2023

Kenalkan Beragam Budaya Indonesia, SMA Plus PGRI Cibinong Gelar Pesat Fest dan Lorong Budaya 2023 Ketua PGRI Jabar Dede Amar : Kegiatan Ini Luar Biasa!

Tampilkan Hasil Karya Terbaik Kader Bangsa, SMA Plus PGRI Cibinong Gelar Studentday Expo 2024