Sekadar Tips Ketika (Terpaksa) Belajar Daring

Pandemi Covid-19 masuk ke Indonesia sejak Maret 2020 lalu. Beberapa program pemerjntah telah ditetapkan, salah satunya adalah Pembelajaran Jarak Jauh. Mungkin ada sebagian orang menyukai salah satu program pemerintah ini, tapi tidak dengan saya.

Dengan program daring ini, semua yang ingin dilakukan terbatas. Pelajaran pun terkadang hanya seperti angin lewat saja, alias tidak ada yang masuk kedalam otak. Biasanya beberapa guru terkadang seperti tidak tau waktu, yang seharusnya tidak ada jam kelasnya namun tugas tetap saja mengalir di luar jam kelasnya. Dan ini beberapa tips yang bisa dilakukan jika masih menetapkan program pembelajaran jarak jauh/daring:

Pertama, pastikan jaringan bagus. Ini sih yang paling penting, kalau jaringan bagus dipastikan daring kalian lancar walaupun nanti saat ada zoom pasti ga akan lancar karna biasanya ada kuis dadakan.

Kedua, tidur yang cukup. Kalau begadang dipastiin bakal tidur saat zoom atau buka aplikasi lain kaya scroll media sosial lain buat mengalihkan rasa ngantuk. Biasanya disini nih yang rese, giliran lagi ngalihin rasa ngantuk malah dipanggil buat jawab pertanyaan dadakan, kalau ga dijawab pasti bakal di tandain sampai kelas online berikutnya.

Ketiga, makan sebelum kelas dimulai. Harus isi energi dulu, biasanya penyakit murid itu laper ditengah kelas online. Mau masak tapi ribet bawa bawa laptop kedapur, mau gofood tapi duitnya buat main sama temen, jadi lebih baik makan sebelum kelas dimulai. Tapi ini juga yang bisa nyebab in ngantuk saat zoom nanti.

Keempat, pakai seragam sesuai dengan ketentuan. Harus tetep rapih dong apalagi kalo disuruh on camera dadakan, masa iya gurunya harus nunggu kita ganti baju dulu baru nyalain kamera? Nanti keburu ditandain yang ada.

Kelima, menyimak. Ini sih yang paling susah, soalnya kadang kedistract, bosen, ngantuk yang bikin susah buat nyimak. Tapi gimanapun susah untuk fokusnya, harus tetap nyimak ya biar kalo ada refleksi pembelajaran jadi ga bingung.

Keenam, telponan sama temen. Ini jangan ditiru ya guys, biasanya kalo udah selesai zoom pasti bakal ada tugas dan deadline nya cepet banget, jadi telponan sama temen adalah jalan ninjanya buat ngerjain tugas bareng-bareng. Ya bisa disebut dengan nyontek sih.

Pil pahit yang harus diterima adalah pandemi covid-19 yang menghentikan aktivitas normal. Tak ada pilihan selain mengikuti program yang sudah ditetapkan, baik bagi siswa maupun guru. (Fitri Nur Hawa)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Dukung Minat dan Bakat Siswa, SMA Plus PGRI Cibinong Gelar Studentday Expo 2023

Kenalkan Beragam Budaya Indonesia, SMA Plus PGRI Cibinong Gelar Pesat Fest dan Lorong Budaya 2023 Ketua PGRI Jabar Dede Amar : Kegiatan Ini Luar Biasa!

Tampilkan Hasil Karya Terbaik Kader Bangsa, SMA Plus PGRI Cibinong Gelar Studentday Expo 2024