Dukung Minat dan Bakat Siswa, SMA Plus PGRI Cibinong Gelar Studentday Expo 2023

 



Cibinong- PezatNews, Guna mengapresiasi minat dan bakat para siswa, SMA plus PGRI Cibinong menggelar Studentday Expo 2023 bertajuk “Diversity Carnival”. Bertempat di halaman sekolah, acara yang berlangsung Selasa (23/5) merupakan program rutin tahunan kali ini mengusung tema: Satukan Tekad Bangunlah Persatuan Dalam Keberagaman.

 

Turut hadir, Kepala Kantor Cabang Dinas (KCD) Pendidikan wilayah 1 Provinsi Jawa Barat, Dr. Abur Mustikowanto, Ketua Badan Pengawas Harian (BPH) Dr. H. Basyaruddin Thayib M.Pd, Kepala Sekolah SMK Pelita Nusantara, Iyan Supiyan, M.Pd, serta sejumlah rekan guru dan tamu undangan sekolah lainnya.

 

Kepala sekolah SMA plus PGRI Cibinong, Agus Rohiman, M.Pd mengatakan kegiatan expo besar tahun merupakan salah satu program unggulan di SMA Plus PGRI Cibinong yang bertujuan untuk menampilkan serta mengembangkan minat bakat dari masing-masing siswa.

 

“Sekolah yang baik adalah bagaimana terus berjuang memfasilitasi siswa sesuai dengan kompetensinya masing-masing. Di sini, mereka dipersilakan memilih Studentday yang keseluruhannya berjumlah 21 jurusan. Tentu saja yang diminati, tetapi harus berdasarkan bakat,” ujarnya.

 

Menurutnya, secara filosofis pendidikan meminta siapapun yang kelak menjadi guru untuk mengoptimalkan kodrat yang dimiliki para peserta didik. Yaitu dengan cara mengembangkan potensi supaya mereka bisa selamat dan mampu berkembang di masyarakat. Sedangkan secara teoritis, lanjutnya seperti yang dikemukakan Howard Gardner dalam teori multiple intelligence, bahwa tidak ada anak yang bodoh. Semua anak cerdas, yang ada adalah anak-anak yang memiliki kecerdasan yang berbeda.

 

“Untuk itu kenapa dalam pendidikan ada prinsipnya, lupakan kelemahan, tonjolkan kelebihan. Karena itu pilihan yang dipilih mereka itulah kelebihannya, kita tidak bisa membandingkan studentday yang satu dengan lainnya. Studentday robotik dengan teater, atau tari dengan elektro. Semua membandingkan dengan progres Studentdaynya sendiri-sendiri. InsyaAlloh kedepan kami akan membuka 2 jurusan baru, yaitu Bahasa Korea, dan Virtual Reality, Augmented Reality dan Mixed Reality,” tuturnya.

 

Kepala Kantor Cabang Dinas (KCD) Pendidikan wilayah 1 Provinsi Jawa Barat, Dr. Abur Mustikowanto, mengaku bangga bisa turut hadir dan menyaksikan bakat para siswa yang ditampilkan di acara Studentday Expo kali ini.

 

“Pendidikan life skill seperti inilah yang dibutuhkan oleh pendidikan saat ini. Dan saya melihat kegiatan sekolah kejuruan ini justru banyak berhasilnya di SMA Plus PGRI Cibinong. Saya pertama kali kesini 2000an saja sudah luar biasa, semua siswanya punya kompetensi yang baik untuk bisa dikaryakan di masyarakat. Karena itu anak-anak sekolah ini luar biasa,” ujarnya.

 

Lebih lanjut ia berpesan, kedepan siswa harus terus meningkatkan kemampuan bahasa asing lainnya untuk lebih mengoptimalkan potensi yang dimiliki serta menunjang karier saat berkarya di masyarakat nantinya.

 

“Asah terus bahasa Inggrisnya yaa. Supaya bisa bersaing dikancah global. Makan pilus dan kedondong mantap rasanya, SMA Plus PGRI Cibinong tetap juara luar biasanya,” candanya menutup sambutan.

 

Seperti di ketahui, saat ini jumlah Studentday sendiri sebanyak 21, yaitu Studentday Jurnalistik, Modelling, Sekretaris, Cinematografi, Animasi, Web Design, Programing Web dan Desktop, Elektro, Robotika, Tata Rias, Tata Busana, Tata Boga, Seni Tari, Musik Tradisional, Musik Modern, Mandarin, Broadcast, Arsitektur, Teater, serta Seni Lukis.

 

Di Expo kali ini, beberapa hasil karya ditampilkan dalam bentuk pameran yang menjadi kebanggaan sekolah, serta menjual berbagai produk kewirausahaan. Berada dibelakang tenda penonton, masing-masing studentday memiliki merchandise seperti notebook, stiker, alat tulis cantik dan sejumlah camilan khas dari setiap standnya.

 

Beragam upaya dilakukan untuk menarik pengunjung, seperti Studentday tata boga menjajakan kue hasil olahannya, mulai dari pastry bertema carnival, hingga kuliner khas Nusantara, yang lezat dan sehat. Student Day Sinematografi, juga tak kalah seru, mereka mengadakan pameran foto dan bioskop mini, dengan tiket bundling popcorn. Ada juga Broadcast yang mengadakan game, dan seni lukis yang mengadakan Face Painting, dan Mandarin yang membuka kedai ice cream khas negeri China yang viral itu. Seru!

 

Sedangkan sejumlah kreasi lain ditampilkan diatas panggung. Seni Tari Tradisional, misalnya menampilkan kurang lebih 2-4 tarian, diantaranya tarian Selamat Datang, Tari Sumatera, serta medley Tari Jaleleuja, Rampakan dan Sampurasun. Ada juga Student Day Modelling dan Sekretaris yang menampilkan fashion show. Kolaborasi apik juga ditampilkan oleh Studentday Tata Busana menampilan koleksi gown pesta yang diiringi suara merdu dari vocal Seni Musik Modern berjudul A Whole New World. Acara ditutup dengan tampilan Barongsai serta kolaborasi Broadcast dan tarian tradisional.

 

Pembina Studentday Teater Mukti Ali Nur mengungkapkan, banyak yang sangat menantikan Expo besar kali ini. Pasalnya, ini kali pertama gelaran expo dibuka lagi usai pandemi. “Tema yang diangkat sesuai banget dengan banyaknya studentday yang ada di sekolah. Yaitu tentang keberagaman profesi. Artinya semakin banyaknya profesi semakin banyak juga peluang untuk. Semoga kedepan acaranya semakin meriah, dan sukses seperti tahun ini. Selalu tingkatkan kreativitas kalian yaa," ujarnya, kemarin.

 

Hal yang sama juga dikemukakan Pembina Student Day Mandarin, Sensei Ari Sucipto. Ia menuturkan banyak persiapan yang sudah dilakukan salah satunya mengadakan pameran makanan khas China yang dikhususkan untuk tamu & untuk dijual, sebagai produk kewirausahaan.

 

“Expo kali ini seru banget dan penampilan dari para studentday yang lain sangat kreatif. Memperlihatkan hasil kerja keras selama setahun di bidangnya masing-masing,” pungkasnya. (Tim Liputan: Student Day Jurnalistik SMA Plus PGRI Cibinong)

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kenalkan Beragam Budaya Indonesia, SMA Plus PGRI Cibinong Gelar Pesat Fest dan Lorong Budaya 2023 Ketua PGRI Jabar Dede Amar : Kegiatan Ini Luar Biasa!

Tampilkan Hasil Karya Terbaik Kader Bangsa, SMA Plus PGRI Cibinong Gelar Studentday Expo 2024