Ciptakan Suasana Belajar Menyenangkan, SMA Plus PGRI Cibinong Bekali Guru Dengan Pelatihan Quantum Learning

 


Ciptakan Suasana Belajar Menyenangkan, SMA Plus PGRI Cibinong Bekali Guru Dengan Pelatihan Quantum Learning.

Cibinong-PezatNews- Setiap siswa mempunyai gaya belajar masing masing. Beberapa siswa bisa fokus belajar saat bersama teman, ada yang mendengarkan musik, dan lain sebagainya. Membiarkan siswa belajar menggunakan metodenya sendiri, membuat mereka mudah fokus dan tidak cepat jenuh. Hal tersebut dipaparkan pada Pelatihan Quantum Learning yang diselenggarakan SMA Plus PGRI Cibinong, Sabtu (26/8).

Wakil Kepala Sekolah Bidang Gugus Kendali Mutu SMA Plus PGRI Cibinong, Nasukha Z, M.Pd, menuturkan, Quantum Learning merupakan metode seimbang belajar dan bermain tentu nya sangat di gemari siswa. Prinsip utama model quantum learning adalah bahwa sugesti dapat dan pasti mempengaruhi hasil situasi belajar baik secara positif maupun negatif. Karena itulah, pelatihan ini rutin dilakukan setahun sekali serta sudah menjadi program sekolah disetiap pergantian tahun ajaran baru, sekaligus berkaitan dengan diterimanya guru baru dan mahasiswa praktik kerja lapangan.

“Materi pelatihan terdiri dari filosofi Quantum kemudian misteri otak, pencatat tingkat tinggi atau CTS (Catat, Tulis, Susun) kemudian membuat mindmapping, membaca dengan cepat, satu lagi belajar tentang gaya belajar, jadi ada sekitar 7 atau 6 materi yang di sampaikan,” tuturnya saat menjadi pengisi acara pada pelatihan, Kemarin.

Lebih lanjut beliau menjelaskan, dengan menggunakan metode Quantum Learning, siswa juga mudah menangkap pelajaran karena materi dibuat semenyenangkan mungkin. Salah satu nya adalah membuat mindmapping. Menurutnya, metode ini sudah menjadi kegiatan sehari hari agar mereka mencatat dan mengingat lebih cepat. Pasalnya, melakukan rangkuman dengan unsur warna membuat otak siswa tidak cepat lelah. 

“Kita berharap bahwa kedepannya kita terus bisa memberikan motivasi kepada siswa dengan cara memberikan stimulus kepada para guru supaya bisa memanfaatkan metode quantum learning ini dalam proses pembelajaran di kelas maupun melayani para siswa dengan berbagai gaya belajar mereka,” tambahnya.

Hal senada diungkapkan, para peserta pelatihan Quantum Learning. Menurutnya, aplikasi pembelajaran menggunakan metode quantum learning membuat guru bisa lebih dekat kepada siswanya dan menjadikan kegiatan belajar ini lebih menyenangkan.

“Menurut saya pribadi, seluruh metode pembelajaran di sekolah ini sudah bagus banget. Mungkin ini juga yang membuat mereka berangkat ke sekolah jadi lebih semangat, dan gak malas atau merasa tertekan. Apalagi minat dan bakat mereka juga di dukung penuh oleh guru guru di sini melalui metode Quantum ini,” ucap Lia Aprillia, selaku peserta pelatihan dan calon guru SMA Plus PGRI Cibinong.

Tim liputan : Nayra/Anggi/Shafa/Intan/Nayyara/Farrin/Ratu/Nabilla/Sativa/Tania/*Studentday Jurnalistik)
















Komentar

Postingan populer dari blog ini

Dukung Minat dan Bakat Siswa, SMA Plus PGRI Cibinong Gelar Studentday Expo 2023

Kenalkan Beragam Budaya Indonesia, SMA Plus PGRI Cibinong Gelar Pesat Fest dan Lorong Budaya 2023 Ketua PGRI Jabar Dede Amar : Kegiatan Ini Luar Biasa!

Tampilkan Hasil Karya Terbaik Kader Bangsa, SMA Plus PGRI Cibinong Gelar Studentday Expo 2024