SMA Plus PGRI Cibinong Gelar Sosialisasi Karya Tulis Ilmiah

 


SMA Plus PGRI Cibinong Gelar Sosialisasi Karya Tulis Ilmiah
 
Cibinong, PezatNews – Guna melatih keterampilan siswa dalam menuangkan gagasan dan melakukan penelitian, SMA Plus PGRI Cibinong mengadakan sosialisasi Karya Tulis Ilmiah (KTI) sebagai syarat kelulusan kelas XI, Sabtu (19/8).

Guru Bahasa Indonesia SMA Plus PGRI Cibinong, Liddia Hendriati, S.Pd menjelaskan, sosialisasi KTI diikuti oleh seluruh guru Bahasa Indonesia sebagai penyelenggara serta guru-guru lainnya yang akan menjadi pembimbing Karya Tulis Ilmiah untuk memberikan pelatihan bagaimana proses pembuatan dan penelitian KTI ini berlangsung.

Lebih lanjut Ia menjelaskan, adapun rangkaian acara sosialisasi KTI diawali dengan workshop atau pelatihan kepada guru dan siswa untuk membahas sistematika KTI dari bab 1 hingga bab 5, serta membahas bagaimana siswa menentukan judul KTI yang sesuai dengan isu-isu yang ada serta sesuai dengan minat siswa, berdasarkan referensi yang ada.

"Persiapannya sendiri sebagai guru bahasa Indonesia kami sebagai pembimbing dua dan disitu kami menyampaikan sosialisasi dan workshop di kelas-kelas untuk beri informasi ada apa saja di KTI. Mulai dari apa saja isinya serta sampai ke penentuan judul dan bagaimana nanti bertemu dengan pembimbing 1 dan 2. Setelahnya ada pembahasan setiap babnya, serta beserta latar belakang, rumusan masalah, tujuan dan lain-lain. Bagaimana cara pembuatannya secara langsung sehingga siswa di kelas itu langsung mengerjakannya,” tuturnya, Kemarin.

Menurutnya KTI digelar bertujuan untuk membantu siswa membiasakan belajar menulis dengan sistematis dengan mengambil referensi dari sejumlah sumber dan literatur untuk kemudian disusun kedalam Karya Tulis Ilmiah yang berkualitas.

Ditemui ditempat yang sama, sejumlah siswa menyambut antusias dengan diadakannya KTI. Salah satunya adalah Siswa kelas XI IPA U 3, Sabrina Zalfa. Ia mengaku semangat menghadapi kegiatan yang akan dilakukan selama proses pengerjaaan KTI ini. 

"Aku sih udah nggak kaget lagi, karena ketika kelas X guru sudah kasih tau tentang Karya Tulis Ilmiah di kelas XI. Tapi tetap aja perasaanku deg-degan gimana nantinya. Tapi aku juga excited untuk mengerjakannya,” ujarnya.

Untuk diketahui, proses pengerjaan KTI akan dimulai Agustus, seluruh siswa kelas XI akan disibukkan dengan penelitiannya dalam Karya Tulis yang nantinya akan diujikan sebagai syarat kelulusan. Sedangkan sidang KTI akan diadakan pada bulan Desember.

(Tim Liputan: Savira/Zafira/Faarin/Intan/Shafa/Nayra/Anggia/*StudentdayJurnalistik)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Dukung Minat dan Bakat Siswa, SMA Plus PGRI Cibinong Gelar Studentday Expo 2023

Kenalkan Beragam Budaya Indonesia, SMA Plus PGRI Cibinong Gelar Pesat Fest dan Lorong Budaya 2023 Ketua PGRI Jabar Dede Amar : Kegiatan Ini Luar Biasa!

Tampilkan Hasil Karya Terbaik Kader Bangsa, SMA Plus PGRI Cibinong Gelar Studentday Expo 2024