Kenalkan Beragam Budaya Indonesia, SMA Plus PGRI Cibinong Gelar Pesat Fest dan Lorong Budaya 2023 Ketua PGRI Jabar Dede Amar : Kegiatan Ini Luar Biasa!

Cibinong, PezatNews -- Guna menanamkan nilai budaya, SMA Plus PGRI Cibinong menggelar Pesat Festival (Pesat Fest) dan Lorong Budaya (Lodaya) sebagai sarana untuk memperkenalkan dan mengapresiasi nilai keanekaragaman dan budaya di Indonesia. Mengusung tema Mengimplementasikan Nilai Pendidikan Berkualitas Sebagai Upaya Mencetak Kader Bangsa Yang Berkarakter Nasional Sejati, Cerdas dan Taqwa, Festival Budaya tahun ini berlangsung pada 8-9 Nopember 2023.

Ketua Panitia Pesat Fest 2023, Januar Ambarwati S.Pd, Gr menuturkan, apresiasi budaya kali ini diikuti oleh 13 mata pelajaran, dalam kegiatan ini seluruh mata pelajaran melombakan keahliannya dan karya-karya siswa sebagai implementasi hasil pembelajaran yang diberikan guru kepada siswa. Ditambah lomba eksternal yang diikuti oleh siswa SMP sederajat, baik negeri maupun swasta di lingkungan Cibinong dan sekitarnya.

“Kami terus melakukan peningkatan dalam pelaksanaan pembinaan bagi seluruh siswa siswi inovasi dan percaya diri untuk terus berkarya dan berprestasi,” ujarnya.

Kepala Sekolah SMA Plus PGRI Cibinong Dr Agus Rohiman, M.Pd menambahkan generasi sekarang tak cukup dibekali dengan kemampuan intelektualitas saja tetapi juga mereka di bekali dengan pengembangan karakter yang bisa untuk hidup di masa kini dan di masa depan.

“Kegiatan ini adalah kegiatan untuk menanamkan Pendidikan karakter kepada siswanya dan mempersiapakan generasi z agar memliliki mental yang kuat untuk di dunia kerja ke depannya. Dengan adanya kegiatan ini mendorong anak-anak untuk belajar bekerja sama, bagaimana gotong royong serta kreatifitas dan kemandirian,” tuturnya.

Ketua PGRI Provinsi Jawa Barat, Drs. H. Dede Amar M, M bersama dengan Drs. H. E. Kusdinar, M.Pd, selaku ketua YPLP Provinsi Jawa barat, dalam sambutannya menuturkan apresiasinya terhadap SMA Plus PGRI Cibinong atas terlaksananya acara Pesat Fest ini. Dia mengaku berbahagia dengan di adakannya acara ini.

“Kegiatan ini sangat luar biasa. Dari tahun ke tahun semakin meningkat, selalu ada perbaikan dan perubahan. Ini adalah bukti fisik bahwa siswa SMA Plus PGRI Cibinong adalah siswa yang berkarakter. Dan dia pun mengatakan bahwa sangat penting bagi generasi mendatang tidak hanya pintar dalam akademis terapi juga harus berkarakter. Kegiatan seperti ini jadi bekal untuk mereka yang kedepan, mereka kader bangsa yang akan jadi kebanggaan kita bersama,” ujarnya.

Ditempat yang sama, Iskandar Eko Priyotomo, M.Hum, selaku Direktorat Pembinaan Tenaga dan Lembaga Kebudayaan Kemendikbudristek menyampaikan sangat terkesan dengan acara Pesat Fest ini. Menurutnya, dengan mempelajari budaya dan karakter keanekaragaman suku bangsa, kita jadi paham, bahwa bangsa Indonesia sesungguhnya memiliki generasi muda yang mau berjuang dengan keras, cerdas dan berkarakter. 

“Saya salut, daerah lain belum tentu bisa seperti ini. Kegiatan Ini adalah bentuk bagaimana merdeka belajar itu sesungguhnya. Semoga kegiatan ini terus berkelanjutan, saling berkolaborasi demi kemajuan anak bangsa,” pungkasnya.

Untuk diketahui, Kegiatan Fesat Festival tahun ini di meriahkan oleh 6 lomba internal yaitu, Stem IPA dan IPS, Puisi, Story Telling, Cover Dance, Fashion Show serta Rampak Sekar. Tak hanya lomba internal, lomba eksternal pun di ikuti oleh seluruh siswa SMP sederajat di Cibinong dan sekitarnya. Lomba tersebeut di antaranya, tory telling, poster non digital, e-sport. 

(Tim Liputan: Nabila/Sativa/Ratu/Tania/Savira/NayyaraFaarin/Shafa/Anggia/Intan/Nayra *studentday jurnalistik)

(Tim Dokumentasi : Divisi Multimedia)












Komentar

Postingan populer dari blog ini

Dukung Minat dan Bakat Siswa, SMA Plus PGRI Cibinong Gelar Studentday Expo 2023

Tampilkan Hasil Karya Terbaik Kader Bangsa, SMA Plus PGRI Cibinong Gelar Studentday Expo 2024