Persiapkan Kompetisi Sains Tahun Depan, SMA Plus PGRI Cibinong Gelar Chemistry Competition.

Cibinong, Pezatnews - Guna meningkatkan minat dan bakat siswa dalam bidang kimia, SMA Plus PGRI Cibinong melaksanakan perlombaan Chemistry Competition pada Senin (23/10). Tujuan dari diadakannya Chemistry Competition atau kompetisi kimia ini ialah untuk mencari bibit-bibit yang berbakat dalam bidang kimia, dan nantinya akan dikirim untuk kompetisi sains yang diadakan tahun depan. Pada lomba ini, setiap masing-masing kelas wajib mengirimkan 2 siswa sebagai perwakilannya kepada kimia club. Terdapat sekitar 108 siswa mengikuti olimpiade yang terdiri dari kelas 10 dan kelas 11.

"Lomba ini diselenggarakannya dari pihak sekolah, juga dari guru-guru terutama tim kimia. Karena memang ini projek tim, jadi tentu saja penyelenggara dan panitia itu merupakan guru-guru kimia. setelah pihak panitia mengajukan proposal, selanjutnya sekolah yang akan menaungi segala macamnya,” Ujar Dwi Murni Melisa Putri S.Pd selaku Guru Kimia.

Lebih lanjut Ia menjelaskan, adapun teknis pelaksanaan dalam kompetisi sains yakni, peserta lomba di berikan 20 soal dalam kurun waktu 2 jam. Baik dari kelas 10 maupun kelas 11 sama-sama mengerjakan soal materi kimia dalam satu tahun pembelajaran.

"Satu bulan sebelum dilaksanakannya lomba itu guru kimia dari masing-masing kelas mulai menginfokan bahwa akan ada kompetisi dan dari setiap kelas itu wajib mengirimkan 2 siswa perwakilannya kepada anggota kimia club,” tuturnya.

Terdapat empat pemenang dalam Chemistry Competition dari setiap angkatan. Untuk kelas XI yaitu, Juara 1 Muhammad Rakha Qeyva Aman (XI PIONEER), Juara 2 Darren Rahadian Jati Pamungkas (XI IPA 4), Juara 3 Nadia Syakira (XI PIONEER), Juara 4 Farrin Alina Putri (XI IPA U3). Sementara pemenang untuk kelas X meliputi, Juara 1 Fadhila Nadine Haryanto (X U8), Juara 2 Muhammad Azzam Asy Syamil (X U6), Juara 3 Nadia Nariswari (X U11), Juara 4 Athar Fauzan (X U1). 

Ditempat yang sama, Muhammad Rakha Qeyva Aman, salah satu peserta yang berhasil meraih juara 1 pada chemistry competition mengungkapkan bahwa dalam mengikuti lomba Chemistry Competition, dirinya mengaku mempersiapkan diri selama empat hari. Adapun hal yang dipersiapkan yaitu dengan mempelajari materi stoikiometri, termokimia, asam basah, titrasi asam basah, dan kesetimbangan.

“Rasanya senang dan gak nyangka bisa memenangkan Chemistry Competition, karena yang saya pelajari sedikit dan waktu saya dalam mempersiapkan diri juga sebentar," ujarnya.

Ia juga berharap, dengan kemenangannya dalam chemistry competition ini semoga dapat menjadi pengalaman sehingga bisa memperbesar kesempatan untuk memenangkan lomba-lomba lain, baik di sekolah maupun di luar sekolah.

(Tim Liputan : Salma/Delia/Nafla/Benayu/Studentday Jurnalistik)







Komentar

Postingan populer dari blog ini

Dukung Minat dan Bakat Siswa, SMA Plus PGRI Cibinong Gelar Studentday Expo 2023

Kenalkan Beragam Budaya Indonesia, SMA Plus PGRI Cibinong Gelar Pesat Fest dan Lorong Budaya 2023 Ketua PGRI Jabar Dede Amar : Kegiatan Ini Luar Biasa!

Tampilkan Hasil Karya Terbaik Kader Bangsa, SMA Plus PGRI Cibinong Gelar Studentday Expo 2024