Bangun Karakter Religius Terhadap Siswa, SMA Plus PGRI Cibinong Menggelar Khataman Al-Quran

 



Cibinong, PezatNews-  Guna memperdalam kemampuan siswa dalam membaca Al-Quran serta mewujudkan karakter religius para kader bangsa, SMA Plus PGRI Cibinong mengadakan kegiatan khataman Al-Quran Jumat (27/01). Kegiatan khatam Al-Quran tahun ini dibagi menjadi tiga sesi, sesi pertama diadakan pada jumat (27/01), sesi kedua pada (17/02), sesi tiga pada (03/03). Bertempat di masjid Al-Mizan dan diikuti oleh 175 siswa dari kelas IPA dan IPS unggulan maupun reguler.


Acara khatam Al-Quran dibuka dengan laporan Ketua Pelaksana, sambutan Wakil Kepala Sekolah Senior, dilanjutkan dengan pemotongan tumpeng, pembacaan Al-Quran bersama, ditutup dengan doa oleh Tim DKM Al Mizan.


Ketua Panitia Khataman, yang juga Guru Agama SMA Plus PGRI Cibinong, Syarifah S.Pd mengatakan, melalui khataman massal siswa dapat mengamalkan ajaran dari Al-Qur'an dalam kehidupan sehari-hari, sehingga dapat menjadi insan beriman serta berakhlak mulia.


Lebih lanjut beliau mengatakan syarat untuk mengikuti kegiatan ini adalah mereka yang sudah mengkhatamkan Al-Quran selama sekolah di SMA Plus PGRI Cibinong dibolehkan untuk khatam pada saat kelas X, XI, maupun XII minimal satu kali khatam


“Kami berharap bahwa tidak hanya satu kali, tapi menjadi satu motivasi dan kebiasan untuk selalu membaca Al-Quran,” ujarnya.


Beliau juga mengatakan kegiatan ini baru terlaksanakan kembali setelah dua tahun masa pandemi. Ia juga mengaku bangga pada pada siswa kelas XII, karena di tengah kesibukan dan kegiatan di sekolah tetapi mereka tetap menyempatkan waktu untuk membaca Al-Quran dirumah.


“Semoga para siswa selalu istiqomah mengkhatamkan Al-Quran lebih dari sekali, di saat kapan pun maupun saat mereka sudah memasuki perguruan tinggi nanti. Mudah-mudahan diangkatan selanjutnya bisa termotivasi lebih baik lagi,” ujarnya.


Kesan dan harapan yang sama juga diungkapkan Wakil Kepala Sekolah Senior, Dr Agus Rohiman. Beliau mengungkapkan kegiatan luar biasa ini sesungguhnya bertujuan agar siswa bisa membaca Al-Quran dengan baik dan bisa mengkhatamkannya.


“Kami mengharapkan mereka lebih dekat dan menjadikan Al-Quran menjadi pedoman sehari-hari. Sehingga bisa membedakan yang baik dan yang buruk karena semua perilaku mereka semuanya akan dipertanggungjawabkan dihadapan Allah swt,” ujarnya.


Ke depan, beliau berharap khataman ini diadakan rutin setiap tahun, agar mereka terbiasa dan ketagihan untuk terus membaca dan memahami Al-Quran. “Dan saya yakin jika anak anak sudah dekat dengan Al-Quran maka jiwanya akan mudah terbimbing, karena ayat-ayat Allah selalu dibacakan sebagai sebuah aktivitas keseharian,” pungkasnya.


Untuk yang masih Iqro tetap semangat semoga kita semua bisa khatam bersama-sama ya. Sampai jumpa di Khatam Al-Quran sesi selanjutnya ya, Stay Tune!


(Tim Liputan: Arum/Vania/StudentdayJurnalistik)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Dukung Minat dan Bakat Siswa, SMA Plus PGRI Cibinong Gelar Studentday Expo 2023

Kenalkan Beragam Budaya Indonesia, SMA Plus PGRI Cibinong Gelar Pesat Fest dan Lorong Budaya 2023 Ketua PGRI Jabar Dede Amar : Kegiatan Ini Luar Biasa!

Tampilkan Hasil Karya Terbaik Kader Bangsa, SMA Plus PGRI Cibinong Gelar Studentday Expo 2024