Aku Dan Rasa Ego Ku



Pemikiran meresahkan ini selalu saja menjadi besar di dalam diri saya, sering kali saya berfikiran “ wajar ga sih mikir kaya gini ?”, “ gapapa ga ya kaya gini ?” fikiran- fikiran  itu selalu muncul tapi entah hanya saya atau orang lain juga  merasakan ini walaupun sudah tau kesalahnya sudah tau juga apa yang salah tapi tetap saja susah untuk berdamai dan menerima kesalahan itu, sulit  untuk bisa mengiyakan bahwa diri kita memang salah, memang benar kesalahan itu datang dari diri sendiri. 

Rasa Egoisme yang sangat merugikan diri kita sendiri dan mungkin juga merugikan orang- orang di sekeliling kita tanpa kita menyadari nya, dan entah datang dari mana perasaan ini, entah apa yang bisa dilakukan jika sedang seperti ini, rasa nya seperti kesal sendiri. Entah mungkin karna merasa bahwa orang- orang di sekeliling akan bisa selalu menerima dan memahami pemikiran   diri kita yang seperti ini yang mungkin sebenarnya mereka tidak selalu bisa memahami kita tidak bisa selalu mengerti perasaan dan kemauan kita.

Saat saya sedang merasa seperti itu kadang saya melakukan beberapa hal yang bisa meredakan rasa egois ini seperti belajar untuk melakukan introspeksi diri, berdamai dengan diri sendiri, mencari kesalahan apa, sebab apa perasaan ini datang. Bagaimana saya bisa tetap menjalani hari dengan perasaan ini, bagaimana cara supaya bisa berdamai dengan diri sendiri bisa menerima semua nya dengan senang hati, mulai berfikir positif tentang orang lain, belajar untuk sabar dan menahan diri, mulai meningkatkan rasa toleransi terhadap banyak orang di  mulai dengan orang – orang terdekat yang ada di sekeliling kita sehari – hari .

Mungkin perasaan itu memang muncul di usia- usia remaja, semakin merasa dewasa agaknya perasaan- perasaan seperti itu mulai redup dengan sendirinya. Karna bisanya perasaan ego berhubungan dengan perasaan iri, marah dengan keadaan. Jadi semakin dewasa mulai merasa sadar bahwa perasaan – perasaan seperti itu Tidak perlu terlalu di rasakan tidak perlu di fikirkan karena sudah mulai tau bahwa semua itu hanya akan merugikan diri sendiri kedepannya, karna juga sadar kalau kedepannya belum tentu lingkungan yang kita temui tidak selalu akan bisa menerima sifat kita yang seperti ini, sadar bahwa di dunia ini tidak bisa hidup sendiri, saya juga harus bisa membenahi masalah- masalah saya sendiri , juga mencoba mengerti perasaan yang orang lain rasakan , sadar bahwa ini tidak baik dan hanya akan menjauhkan diri dari temen, keluarga dan orang- orang terdekat lainnya. (Riska Fitriani)



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Dukung Minat dan Bakat Siswa, SMA Plus PGRI Cibinong Gelar Studentday Expo 2023

Kenalkan Beragam Budaya Indonesia, SMA Plus PGRI Cibinong Gelar Pesat Fest dan Lorong Budaya 2023 Ketua PGRI Jabar Dede Amar : Kegiatan Ini Luar Biasa!

Tampilkan Hasil Karya Terbaik Kader Bangsa, SMA Plus PGRI Cibinong Gelar Studentday Expo 2024