Dirimu Dulu, Baru Orang Lain.

Teman adalah seseorang yang mengambil sekira nya 75% waktu dari kehidupan remaja, gimana enggak?  sekolah saja udah menyita waktu kita hampir 8 jam sehari, belum kalau ada kerja kelompok, ngerjain  tugas bareng, main ke rumah si A, si B, si C, belum jika ada acara perayaan hari lahir seseorang,  terbayang kan seberapa banyak waktu yang kita habiskan untuk sekelompok “teman”? 

Jenis teman pun, nyatanya ada variasi nya, teman yang akrab sekali, akrab sekedarnya, ada yang sekedar  kenal, ada yang cuma tau nama, ada yang ketemu setiap hari, ketemu seminggu sekali, ada yang cuma  berbincang saat hari raya, ada yang sekedar reply story instagram untuk mengucapkan HBD. 

Kebayang kan seberapa banyak sifat orang yang terpapar di kehidupan kita, seberapa banyak ideologi  individu lain yang bisa kita lihat, dengar, dan rasakan sendiri? 

Sebagian orang mendahulukan pemikiran orang lain untuk memasuki dan mempengaruhi jalan pikir nya  sendiri, saya termasuk kedalamnya. 

Hampir seumur hidup saya, saya banyak, atau mungkin lebih tepatnya, sangat memikirkan opini orang  lain terhadap diri saya, bagaimana saya berucap, berpakaian. Apalagi yang beropini adalah “teman”  saya. 

“Eh kok baju lo warna nya nge jreng banget?” maka akan saya ganti gaya baju saya saat itu, “lo banyak  amat yang diomongin dah” selanjutnya saya akan sebisu mungkin sampai ada yang mengajak saya  bicara. Padahal, pada saat itu, sebenarnya baju saya engga se-mencolok itu, omongan saya juga belum  sebanyak itu hingga harus diprotes. 

Tapi, nyatanya ada beberapa “teman” kita yang kayaknya harus aja mengomentari kehidupan orang lain,  ga peduli diperlukan atau engga, ga peduli apa itu benar-benar bermanfaat, dan yang pasti ga peduli apa  itu akan nyakitin hati kita apa engga. 

Kalau disuruh milih, kayaknya saya lebih milih biar tuli daripada harus dengerin omongan nyelekit orang  ga berperasaaan, lebih milih buta daripada harus ngeliat tatapan menghakimi dan mengejek orang  ketika saya berusaha mengekspresikan diri saya, tapi ternyata pilihan itu gabisa dipilih oleh saya, karena  saya akan jadi makhluk yang tidak bersyukur akan kenikmatan yang tuhan beri. 

Kalau gitu, apa dong yang saya harus lakukan? ya apa lagi? ya saya harus lebih menangin pikirin saya  dibanding punya orang lah! Ada pepatah bilang, mau kita usaha sekuat apapun, kita ga akan bisa  membuat semua orang yang kenal kita itu suka sama kita. Dan setelah saya kenal banyak orang, pepatah  itu benar sekali. Mau kita berusaha menyenangkan semua orang, pasti ada aja orang sirik yang gak suka  kita, alasannya? ya gak ada, dia emang gak suka aja ama kita, aneh kan? Makanya, daripada pusingin  orang-orang kaya gitu, lebih baik kalau kita fokus ke diri kita, lakuin apa yang kita suka, mau orang gak  suka, orang gak senang, masa bodo! karena emang harusnya kita urusi urusan kita masing-masing. 

Kalau orang lain aja beropini tanpa memedulikan perasaan kita, buat apa kita memedulikan opini dia?  makanya, dalam hidup ini, dahulukan diri sendiri, baru orang lain. (Aliya Shaumy, XI IPA 1)


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Dukung Minat dan Bakat Siswa, SMA Plus PGRI Cibinong Gelar Studentday Expo 2023

Kenalkan Beragam Budaya Indonesia, SMA Plus PGRI Cibinong Gelar Pesat Fest dan Lorong Budaya 2023 Ketua PGRI Jabar Dede Amar : Kegiatan Ini Luar Biasa!

Tampilkan Hasil Karya Terbaik Kader Bangsa, SMA Plus PGRI Cibinong Gelar Studentday Expo 2024