Kalian Itu Berharga

Sebagian dari kalian mungkin merasakan overthinking yang berlebihan terhadap diri kalian sendiri. Seperti halnya dengan merasa kalau diri kita itu paling buruk dibanding yang lain, beranggapan bahwa 'kok aku bisa ya punya teman padahal muka aku biasa aja' itu merupakan pemikiran yang harus banget untuk kita hindari. Sejujurnya saya merupakan orang yang suka sekali overthinking, terutama tentang hal yang dimiliki diri sendiri. Merasa kalau saya ga secantik itu untuk bisa punya teman, merasa kalau body saya ga sesempurna mereka. Padahal nyatanya saya tidak sebodoh itu, saya masih punya kemampuan, skill yang bisa mengimbangi ketidaksempurnaan saya. 

Ternyata menjadi cantik bukanlah solusi yang paling baik untuk bahagia dan merasa diri kita itu sempurna. Banyak skill dan kemampuan yang bisa kamu kembangkan untuk menjadi lebih baik tanpa adanya pemikiran bahwa yang cantiklah yang terbaik, yang cantiklah yang sempurna. Danpada dasarnya kita akan cantik di mata orang yang tepat dan bisa menghargai kita selayaknya manusia, kita di mata Tuhan pun sama, yang membedakan adalah amal ibadah kita. Lantas mengapa kita harus takut mengekspresikan diri kalau kita sama dengan yang lainnya. 

Dari situlah aku menyadari bahwa semua hal tidak dinilai hanya dari fisik. Karena pemikiran seperti itu hanya buat kita terjerumus untuk menjadi pribadi yang lebih tertutup dan pemikiran seperti itu hanya membuat kita selalu merasa stuck di tempat tanpa adanya rasa ingin menjadi lebih baik kedepannya. Introspeksi diri itu perlu untuk menjadikan kita pribadi yang lebih baik dari kekurangan yang kita punya, ya walaupun kekurangan merupakan suatu bagian yang memang melekat pada diri manusia dan tidak bisa dihilangkan. Mungkin, dengan introspeksi kita bisa merubah kekurangan yang memang seharusnya bisa dirubah menjadi lebih baik dan dari situ kita bisa menghargai diri sendiri bahwa kita itu berharga. Kita harus bisa mengaplikasi diri sendiri atas apa yang telah kita lalui. 

Percayalah setiap hari tantangan yang kita lalui itu tidak mudah loh, banyak kerikil bahkan batu besar yang mengikuti perjalanan harian kita. Dasitulah saya berpikiran bahwa semua hal tidak bisa dinilai dari hanya cantik. Untuk apa cantik tapi tidak memiliki attitude yang baik, tidak bisa menghargai perasaan orang lain dan hanya memiliki tampang untuk dipamerkan menjadi yang terbaik.

Keberhargaan diri kita itu sangat penting untuk diapresiasi, jadi stop untuk selalu merasa bahwa kita itu jelek dan tidak berharga. Percayalah memiliki pemikiran yang terbuka itu sangat menguntungkan dan tidak membuat kita overthinking berkelanjutan loh. (Syifa Fauziah, XI IPS 3)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Dukung Minat dan Bakat Siswa, SMA Plus PGRI Cibinong Gelar Studentday Expo 2023

Kenalkan Beragam Budaya Indonesia, SMA Plus PGRI Cibinong Gelar Pesat Fest dan Lorong Budaya 2023 Ketua PGRI Jabar Dede Amar : Kegiatan Ini Luar Biasa!

Tampilkan Hasil Karya Terbaik Kader Bangsa, SMA Plus PGRI Cibinong Gelar Studentday Expo 2024