Maksimalkan Proses Pembelajaran, SMA Plus PGRI Bekali Guru Dengan pelatihan Learning Management System (LMS)



Maksimalkan Proses Pembelajaran, SMA Plus PGRI Cibinong Bekali Guru dengan pelatihan Learning Management System (LMS)

Cibinong, PezatNews- Perkembangan teknologi kini semakin pesat dan memudahkan banyak hal, salah satunya di sektor pendidikan. Sebab itulah, guna memudahkan proses pembelajaran, SMA Plus PGRI Cibinong mengadakan pelatihan Learning Management System yang merupakan upaya dalam mengembangkan proses pembelajaran menggunakan teknologi berbasis Information Technology (IT), Sabtu (9/9). 

Guru Bahasa Sunda SMA Plus PGRI Cibinong, Dinda Oktavia, A.Md menjelaskan LMS adalah Learning Management System, atau dapat juga disebut e-learning adalah perangkat lunak yang dirancang untuk digunakan sebagai penyampai materi. Jadi, pelatihan kali ini diperuntukan untuk guru-guru SMA Plus PGRI agar ke depannya bisa menerapkan program kegiatan belajar-mengajar ke depannya dengan berbagai aplikasi yang mudah digunakan dan mempunyai manfaat-manfaat seperti dapat menghemat biaya, memiliki jangkauan yang luas, dan juga lebih fleksibel. 

Dia pun menambahkan dengan pelatihan Learning Managemnt System ini guru-guru dapat menerapkan program Learning Management System ini dalam kegiatan mengajar menggunakan bidang IT. Apalagi menurutnya, kriteria dasar yang tercantum dalam LMS antara lain, membuatnya mampu diperbaiki secara cepat, dapat digunakan oleh banyak pengguna, dan berbagi informasi pembelajaran. E-learning digunakan melalui teknologi komputer dan internet. E-learning difokuskan pada pandangan pembelajaran yang paling luas, yaitu solusi pembelajaran.

“Tujuannya sendiri untuk LMS adalah kita sebagai guru harus mengembangkan program LMS ini untuk proses mengajar, mengingat bahwa sekolah kita memakai bidang yang berbasis IT sehingga kita harus bisa mengembangkan proses mengajar dengan teknologi,” tuturnya.

Ditemui di tempat yang sama, Guru Pendidikan Kewarganegaraan SMA Plus PGRi Cibinong, Fikri Maulana Ridho, S.pd mengaku bahwa melalui pelatihan LMS ini mendapatkan ilmu mengenai kemudahan dalam proses mengajar. 

“Yang saya dapat dari pelatihan ini adalah kemudahan-kemudahan dalam melakukan proses belajar dan mengajar agar ke depannya proses ini akan jauh lebih efektif dan mudah tersampaikan kepada siswa,” ungkapnya.

Dia pun menambahkan bahwa kegiatan ini diikuti oleh guru-guru SMA Plus PGRI Cibinong, mulai dari perwakilan guru dari setiap mata pelajaran hingga ketua tim mata pelajaran. Kegiatan Pelatihan ini merupakan kegiatan pelatihan yang dilaksanakan agar guru-guru dapat menguasai teknologi lebih jauh dan lebih dalam lagi sehingga bisa mengkombinasikan teknologi dan pembelajaran di kelas agar pembelajaran terasa lebih semangat dan menyenangkan. 

(Tim liputan: Nabila/Sativa/Ratu/

Tania/Savira/Nayyara/Faarin/Shafa/

Anggia/Intan/Nayra*Studentdayjurnalistik)




Komentar

Postingan populer dari blog ini

Dukung Minat dan Bakat Siswa, SMA Plus PGRI Cibinong Gelar Studentday Expo 2023

Kenalkan Beragam Budaya Indonesia, SMA Plus PGRI Cibinong Gelar Pesat Fest dan Lorong Budaya 2023 Ketua PGRI Jabar Dede Amar : Kegiatan Ini Luar Biasa!

Tampilkan Hasil Karya Terbaik Kader Bangsa, SMA Plus PGRI Cibinong Gelar Studentday Expo 2024