Kembangkan Potensi Diri Dalam Bermusik, Studentday Musik Modern SMA Plus PGRI Cibinong Tampilkan Lagu Secara Berkelompok Saat PSTS.

Cibinong, PezatNews -- Senin (18/09), SMA Plus PGRI Cibinong untuk pertama kalinya melaksanakan PSTS (Penilaian Sumatif Tengah Semester) dalam tahun ajaran baru. PSTS akan dilakukan selama 9 hari sampai Rabu pekan depan. Sabtu (23/09) ini, sebanyak 24 Studentday secara serentak melakukan PSTS. Setiap Studentday memiliki teknis ujian yang berbeda. Sama halnya dengan Studentday Musik Modern-1. 

Student Day Musik Modern-1 telah melaksanakan PSTS dari 2 pekan lalu. Musik Modern-1 memiliki 2 kegiatan PSTS. Pertama terdapat pengambilan nilai secara praktek. Kegiatan PSTS tersebut masih berlanjut sampai sekarang. Secara teknis pengambilan nilai praktek akan menampilkan sebuah lagu secara berkelompok di depan kelas.

“Penilaian praktek dilihat dari penampilannya, siswa secara berkelompok menampilkan penampilan yang sudah disiapkannya. Saya juga melihat teknik merekam mereka bagaimana. Walaupun penampilannya perkelompok, saya akan menilai dari perorang karena setiap orang punya perannya masing-masing,” jelas Rizky Fauzy Ananda, S.Pd selaku guru musik modern-1 saat ditemui hari ini.

Sedangkan untuk pengambilan nilai tertulis dimulai pada sabtu ini. Materi untuk PSTS tahun 2023 terdapat tangga nada dan achor. Setiap siswa akan menuliskan bagaimana caranya menyusun tangga nada diatonis mayor beserta achor tingkatannya. Penilaiannya akan dilihat dari ketelitian masing-masing siswa dalam mengerjakan PSTS.

Untuk pemilihan lagu dalam PSTS praktek sendiri tergantung dari setiap kelompok. Setiap band dapat memilih satu lagu mulai dari genre Pop, Jazz, ataupun Rock. Tentunya diperlukan koordinasi dari masing-masing band serta pembina.

“Sekitar 1 atau 2 bulan kita latihan, pastinya sih gak cuman satu lagu aja. Tapi aku sama temen band lebih fokus-in latihan lagu untuk recording. Aku exited banget pas tau recording buat pengambilan nilainnya di kelas bukan di studio. Itu juga salah satu pengalaman yang keren banget dan lebih praktis bagi aku,” ujar Monica Farren Wisyaningsih siswi musik modern-1 kelas XI IPS U1.

Dari kegiatan PSTS ini diharapkan siswa-siswi dapat mengevaluasi diri begitu nilainnya sudah diumumkan. Siswa juga dapat meperbaiki apa yang kurang dalam dirinya. Mulai dari pengampilan, cara recording, ataupun ketelitiannya.  

“Harapan aku kedepannya semoga band SMA Plus PGRI dapat berkembang dan lebih maju. karena kita di musik modern bener bener di tekani untuk serius dalam bermusik,” tutupnya

(Liputan : Nafla)






Komentar

Postingan populer dari blog ini

Dukung Minat dan Bakat Siswa, SMA Plus PGRI Cibinong Gelar Studentday Expo 2023

Kenalkan Beragam Budaya Indonesia, SMA Plus PGRI Cibinong Gelar Pesat Fest dan Lorong Budaya 2023 Ketua PGRI Jabar Dede Amar : Kegiatan Ini Luar Biasa!

Tampilkan Hasil Karya Terbaik Kader Bangsa, SMA Plus PGRI Cibinong Gelar Studentday Expo 2024